Minggu, 27 Februari 2011

Nasi Hainan Buat Sang Kekasih

Awalnya sih gara-gara pacar aku yang doyan makan, dia menyuruh aku untuk membuat masakkan yang biasa dia makan kalau dia pulang ke rumahnya. Dia menyuruh aku membuatkan Nasi Hainan,, Gendut, (panggilan sayang dia pada aku) bikinin aku Nasi Hainan dong.
Hmmm... aku langsung bertanya-tanya,, masakkan apa itu???... tapi dengan gengsi nya aku bilang saja iyaa nanti aku masakkin.(dipikiran aku terlintas, Wah! gimana cara bikinnya?? makannya aja aku belom pernah,. Maklum lah keluarga aku tidak terbiasa makan seperti itu, jadi aku gag tau bumbu-bumbunya dan cara masaknya)
Aku langsung telpon mama aku yang lagi bekerja.
Bund, sebutlah saja Bakpao (karena itu sebutan jail-jailan aku sama dia) dia minta buatin Nasi Hainan, gmn nih cara bikinnya??
mamaku nyaranin nyari aja resepnya di Google. Wah! ide cemerlang pikirku.
Langsung tanpa buang-buang waktu aku buka laptop, buka Google dan mulai browsing-browsing resep Nasi Hainan, dan akhirnya resep masakkan yang aku cari ketemu juga. Aha..!! ini dia Nasi Hainan.
Aku membaca dan mencoba mengerti cara pembuatan Nasi Hainan.
Besoknya aku buatin Nasi Hainan permintaan pacar aku.

Memang aku tidak bisa memasak enak seperti mama nya, tetapi aku berusaha belajar memasak untuknya.
dan ini dia aku berbagi Resep Nasi Hailam buatan aku. hehehehhehehe...

Bahan:
Beras, 3 cangkir (ini ukuran aku aja yah..) mungkin 1lt kurang
Ayam Kampung, 1 ekor (aku pake ayam kampung karena rasanya lebih enak ketimbang ayam negeri)
Minyak Wijen, 4 sendok makan (boleh lebih kalau suka)
Kecap Asin, 3 sendok makan
Jahe, 2 ruas
Bawang Putih, 4 siung
Lada, secukupnya
Garam, secukupnya
Kaldu Ayam
Daun Bawang
Air
Daun Jeruk

Cara Membuat:
- Beras cuci bersih
- Panaskan wajan, tumis bawang putih yang udh di geprek dengan minyak wijen samapai harum, angkat.
- Taro ayam di dandang atau kuali, masukkan tumisan, kalo perlu tambahkan minyak wijen lagi, masukkan jahe, garam, daun jeruk, tutup kuali. Masak sampai ayam empuk.Angkat ayam dari kuali.
- Kuah ayam yang di masak tadi, di masukkan ke beras dan masak beras bersama kuah ayam secukupnya hingga menjadi nasi.
- sisa kuah tadi di jadikan kuah buat nasi hailam n ayam.
- angkat nasi, sajikan bersama kuah.


selamat mencobaa.. klo gag enak jangan salahkan saya, salahkan pada diri anda, soalnya aku masak lumayan enak (meskipun gag seenak restoran) hehehhehehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar